Ada Apa Dengan Oktober?

Bulan Oktober atau October  dalam bahasa inggris merupakan bulan ke-sepuluh dalam Kalender Gregorian. Nama “October” diambil dari bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latin; yakin “octo” yang berarti “delapan”. Dulu saat penanggalan internasional masih menggunakan Kalender Julius, penanggalan selalu dimulai dengan bulan Maret sebagai bulan pertama dalam setahun. Namun pada tanggal 25 Februari 1582, Paus Gregorius XIII menyetujui usulan Dr. Aloysius Lilius dari Napoli – Italia mengenai penanggalan baru yang didasarkan pada sistem penanggalan Masehi. Sistem penanggalan baru ini kemudian diberi nama Gregorian; sesuai dengan nama Paus Gregorius XIII yang mensahkannya pada waktu itu.

Ada apa di bulan Oktober?

Sama seperti pada bulan-bulan lainnya, bulan Oktober itu sendiri sudah pasti tidak terlepas dari hari-hari besar, kejadian khusus ataupun peristiwa-peristiwa tak terlupakan lainnya. Berikut ini adalah beberapa dari begitu banyak catatan mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi atau hari-hari besar pada bulan Oktober (Oops, awas. Bukan Halloween loh) :

♣Hari besar Nasional maupun Internasional♣

01 Oktober ~ Hari Kesaktian Pancasila

02 Oktober ~ Hari Batik Sedunia
02 Oktober ~ Susu Nasional
03 Oktober ~ Hari Arsitektur Dunia-World Architecture Day UIA
05 Oktober ~ Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)
08 Oktober ~ Hari Tata Ruang Nasional
09 Oktober ~ Hari Surat Menyurat Internasional
10 Oktober ~ Hari Kesehatan Jiwa Sedunia
14 Oktober ~ Hari Penglihatan Sedunia
15 Oktober ~ Hari Hak Asasi Binatang
16 Oktober ~ Hari Pangan Sedunia
16 Oktober ~ Hari Parlemen Indonesia
17 Oktober ~ Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional
20 Oktober ~ Hari Ulang Tahun Golongan Karya
24 Oktober ~ Hari Dokter Indonesia
24 Oktober ~ Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
27 Oktober ~ Hari Listrik Nasional
27 Oktober ~ Hari Penerbangan Nasional
28 Oktober ~ Hari Sumpah Pemuda
29 Oktober ~ Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)
30 Oktober ~ Hari Keuangan

♣Hari dan peristiwa bersejarah♣

1 Oktober

 

2 Oktober

3 Oktober

4 Oktober

{{{title}}}
Replika Sputnik I

5 Oktober

 

6 Oktober

 

7 Oktober

8 Oktober

9 Oktober

10 Oktober

11 Oktober

12 Oktober

13 Oktober

14 Oktober

 

15 Oktober

16 Oktober

17 Oktober

18 Oktober

19 Oktober

20 Oktober

21 Oktober

22 Oktober

23 Oktober

 

24 Oktober

25 Oktober

26 Oktober

[[Berkas:|80px||Park Chung-hee|alt={{{title}}}]]
Park Chung-hee

27 Oktober

28 Oktober

29 Oktober

30 Oktober

31 Oktober

Jadi sudah tau kan ada apa di bulan Oktober? Apa ulangtahunmu di bulan Oktober ternyata bertepatan dengan salah satu hari bersejarah dunia?

Nantikan seri berikutnya di bulan November!

Menurut BMFKG (Badan Meteorologi Fisiologi Klimatologi Geofisika), pada tahun 2012 ada sebanyak 122 ZOM (35,7%) dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia mengalami awal musim hujan pada bulan Oktober.

Source:
BMFKG
id.wikipedia.org

http://jamarisonline.blogspot.com/2012/06/daftar-lengkap-hari-besar-nasional-dan.html

10 thoughts on “Ada Apa Dengan Oktober?

    • hai bibib..
      ini ya? kebetulan kalo yg ini sih emang lucky banget dapet gitu aja di wiki, tapi kalau yg sebelumnya mesti nyari bolak balik dulu artikel yang isinya kayaknya gak melenceng terus akurat, setelah itu baru di ketik ulang :p

      • Nah, kalo ini diketik ulang, emak, gempor jg ngetiknya. Ternyata anda sedang hoki ya.

        Eh keren loh eon postingan macem ini, berguna bgd. Yang nulis n baca jd pinter

    • ultah ane jg kgk ditulis kok.. soalnya tkt nter byk kiriman kado, rmh ane kgk nyukupin nyimpannye..wkwk *dibakar*
      nahloh tgl 12 oktober ada apa tuh? *read* ckck.. bom bali taon 2002.. jangan2…. XDXD

  1. Oktober buat orang Jerman juga spesial loh. Mereka sering ngadain festival yang dinamain Oktoberfest. Acaranya yaaah, macem ulang tahun Jakarta gitu kali ya. Masyarakatnya pada pake baju tradisional Jerman (baju pelayan gitu) terus pada pesta minum bir dan makan sosis. Slllurrrp… jadi laperrr -_____-

Tell Me What' Ya Tought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s